Launching Program Nasional Pelayanan TB, HIV AIDS, Skrining Stunting dan Wasting di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Pada tanggal 16 Februari 2023, dr. Wilson, Sp.KJ., M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat melakukan Launching Program Nasional Pelayanan TB, HIV/AIDS, Skrining Stunting dan Wasting di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

 

Sebagai upaya mendukung Program Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh bakteri tuberkulosis dan virus HIV/AIDS yang dibentuk dalam agenda Program Nasional dan untuk mendukung akreditasi di Rumah Sakit jiwa, saat ini Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat telah membuka layanan poli bagi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang menderita Tuberkulosis dan HIV/AIDS serta layanan skrining untuk penurunan prevalensi stunting dan wasting.

 

Layanan TB yang ada di RS Jiwa ini antara lain :

Poli TB

Layanan laboratorium berupa pemeriksaan dahak dan perujukan sampel TCM

Layanan konsultasi dan pengobatan ke spesialis penyakit dalam

Layanan rawat inap pasien ODGJ dengan TB

 

Layanan HIV/AIDS di RS Jiwa meliputi :

Poli HIV

Layanan pemeriksaan laboratorium berupa pemeriksaan skrining HIV dengan 3 reagen dan perujukan sampel ke RS rujukan.

Layanan konsultasi dan pengobatan ke spesialis penyakit dalam

Layanan rawat inap pasien ODGJ dan Napza dengan HIV

 

Layanan gizi berupa skrining pemeriksaan tinggi badan dan berat badan di Poli dan skrining BB dan TB pasien di ruangan setiap sebulan sekali.

 

Adapun jumlah ODGJ yang ditangani dengan penyakit infeksi tuberkulosis ini adalah sebanyak 10 orang dan jumlah pasien yang telah diperiksa dan ditangani untuk infeksi HIV adalah sebanyak 19 orang (Data per januari 2023).

17 Februari 2023