Edukasi Kolaboratif di Ruangan Walet Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalbar

Singkawang, 26 Agustus 2024 - Di Ruangan Walet Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat, sebuah kegiatan edukasi kolaboratif yang melibatkan psikolog dan Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) diadakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman pasien tentang kesehatan mental. Kolaborasi ini berfokus pada penyuluhan yang komprehensif mengenai kebersihan diri dan penanganan gangguan mental secara tepat, yang merupakan bagian penting dari pemulihan dan perawatan kesehatan mental.

Dalam sesi ini, pasien diajak untuk berpartisipasi dalam diskusi interaktif yang memungkinkan mereka untuk mendalami berbagai teknik pengelolaan stres dan emosi. Diskusi ini tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga memberikan ruang bagi pasien untuk berbagi pengalaman dan memperoleh dukungan dari sesama, serta dari para ahli yang mendampingi. Dengan demikian, pasien dapat belajar cara-cara baru untuk menghadapi tantangan emosional dan stres dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Tim PKRS memberikan strategi pencegahan yang dirancang untuk membantu pasien menjaga kesehatan mental mereka secara berkelanjutan. Edukasi ini mencakup pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, pola makan yang sehat, serta rutinitas tidur yang baik sebagai bagian dari keseharian yang mendukung kesejahteraan mental. Teknik relaksasi latihan napas dalam, juga diperkenalkan sebagai alat bantu yang efektif dalam mengatasi stres dan kecemasan.

Kegiatan edukasi kolaboratif di Ruangan Walet ini menunjukkan komitmen Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalbar dalam memberikan perawatan yang holistik dan menyeluruh. Dengan adanya pendekatan yang melibatkan edukasi dan partisipasi aktif dari pasien, diharapkan mereka dapat lebih memahami kondisi kesehatan mental mereka dan menerapkan strategi-strategi yang telah dipelajari untuk mendukung pemulihan yang lebih efektif dan berkelanjutan (arwin).

01 September 2024