Memperbanyak Langkah Setiap Hari Dapat Mengurangi Risiko Demensia

Melangkah setidaknya 3.800 langkah per hari dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah, menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan secara online pada 6 September 2022, oleh JAMA Neurology. Para peneliti melacak langkah harian sekitar 78.000 orang sehat, dengan usia rata-rata 61 tahun, selama 34 bulan. Setiap orang mengenakan perangkat pergelangan tangan untuk mencatat jumlah langkah mereka dan berapa banyak langkah rata-rata per menit.

Kelompok ini kemudian dilacak selama tujuh tahun untuk melihat siapa yang mengalami demensia. Mereka yang berjalan kaki rata-rata 3.800 langkah setiap hari memiliki risiko demensia 25% lebih rendah dibandingkan mereka yang berjalan kaki lebih sedikit. Manfaatnya meningkat seiring bertambahnya jumlah langkah harian dan mencapai puncaknya pada 9.800 langkah tanpa adanya peningkatan yang terukur di luar angka tersebut. Intensitas menawarkan perlindungan ekstra. Orang yang mengambil antara 3.800 dan 9.800 langkah, tetapi rata-rata mengambil 40 langkah atau lebih per menit dan mengambil sekitar 112 langkah selama 30 menit paling aktif dalam sehari, memiliki risiko demensia yang lebih rendah.

Meskipun hasil penelitian ini hanya menunjukkan hubungan dan tidak membuktikan bahwa berjalan kaki lebih banyak atau lebih cepat dapat mencegah demensia, hasil penelitian ini lebih lanjut mendukung pentingnya olahraga setiap hari untuk orang dewasa yang lebih tua dan bagaimana berjalan kaki secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang luas. (by arwin)

23 Januari 2023