Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Peresmian Gedung Kantor Baru Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat Oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat Bapak dr. H. Harisson., M.Kes

Singkawang, 31 Januari 2024Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., dengan didampingi Pj Ketua PKK Provinsi Kalimantan Barat Windy Prihastari, S.STP., M.Si., disambut hangat oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat, dr. Wilson, Sp. KJ., M. Kes., beserta jajaran. Kedatangan Pj. Gubernur Kalimantan Barat ini dalam rangka meresmikan Pembangunan Kantor Baru RSJ Provinsi Kalbar yang rampung pada tahun 2023 lalu.

 

Kegiatan peresmian gedung baru ini diawali dengan sambutan dari dr. Wilson, Sp.KJ., M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat. Dalam sambutannya, dr. Wilson, Sp.KJ., M.Kes menyampaikan bahwa pembangunan gedung kantor baru Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat ini telah direncanakan sekitar 5 tahun yang lalu ketika Bapak Gubernur Periode yang lalu berkunjung ke rumah sakit jiwa provinsi kalbar dan pernah mengatakan ”saya tidak akan datang ke sini sebelum gedung kantor rumah sakit jiwa ini dibangun”, jadi karena komitmen beliau , sehingga saat ini terwujudlah gedung kantor rumah sakit jiwa yang baru ini, dan ini menjadi suatu kebanggan bagi kita.

 

”Gedung kantor yang lama berdiri tahun 1981, sudah 43 tahun usianya dan juga sudah tidak layak untuk ditempati karena tempat yang kecil dan banyak kerusakan dan kebocoran dimana-mana. Pembangunan gedung kantor baru ini menggunakan dana BLUD tahun 2023 sebesar 5,3 miliar rupiah dan dilaksanakan pembangunannya pada tanggal 4 April 2023 dan selesai pada tanggal 6 desember 2023. dengan luas bangunan 756 M2 dua lantai dengan jumlah ruangan 15 ruangan.”

 

Sumber dana dari pembangunan gedung kantor ini adalah hasil dari pelayanan rumah sakit jiwa pada pasien-pasien yang menderita Covid 19, dan syukur alhamdulilah tidak ada pasien yang meninggal dunia, dan tidak ada pegawai kita juga yang meninggal dunia. Kerja keras dari teman-teman semua saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan tetap dipertahankan, ucap dr. Wilson.

 

”Bapak gubernur yang terhormat, begitu pentingnya gedung kantor yang baru ini karena kantor merupakan tempat untuk mengurus pekerjaan dan pelayanan pusat dari sebuah organisasi. Saya juga ingin menyampaikan tentang sedikit kondisi rumah sakit jiwa saat ini, rumah sakit jiwa kita melayani baik rawat inap maupun rawat jalan, dimana pasien rawat inap sampai saat ini ada 716 pasien, sehingga kerja keras memang harus dilakukan dan kami harus menambah tenaga oursourcing sekitar 84 orang dan tenaga relawan 30 orang untuk membantu dalam pelayanan yang manusiawi kepada pasien gangguan jiwa. Jumlah PNS kita dan PPPK sebanyak 348 orang, tenaga BLUD sebanyak 13 orang.”

 

”Dengan adanya kantor baru ini tentu akan memberikan kenyamanan tempat bekerja kemudian citra dari rumah sakit jiwa menjadi lebih baik sehingga keluarga yang anaknya atau temannya yang mengalami gangguan jiwa tidak ragu untuk berobat ke rumah sakit jiwa provinsi kalbar. jadi, disamping itu juga dengan adanya kantor yang baru ini memudahkan pegawai saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. dan kantor baru dengan ruang kantor yang sehat, luas, pencahayaan cukup baik akan berdampak baik bagi kesehatan pegawai baik fisik maupun mental. Pada akhirnya yang kita harapkan adalah terwujudnya pelayanan kesehatan jiwa yang bermutu dan paripurna”, ucap dr. Wilson.

 

Diakhir sambutannya, dr. Wilson, Sp.KJ., M.Kes mewakili seluruh civitas hospitalia Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak Gubernur Kalimtantan Barat selama ini kepada pelayanan rumah sakit jiwa melalui anggaran yang disediakan maupun SDM yang selalu ditingkatkan. Kami mohon kesediaan bapak untuk berkenan meresmikan gedung kantor baru ini. Semoga seluruh pegawai rumah sakit jiwa provinsi kalbar tetap semangat bekerja dengan baik dan tidak mengeluh

 

Pada kesempatan ini, dr. Harisson., M.Kes (Pj Gubernur Kalimantan Barat) juga memberikan sambutan. Mengawali pidatonya, dr. Harisson menerangkan bahwa aspek kesehatan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan di Kalimantan Barat.

“Di kalbar ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kesehatannya tinggi. Jadi berdasarkan data, angka harapan hidup kita cukup tinggi yaitu 73 tahun. Namun, yang kita harus jaga bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga jiwa. Jadi terkait dengan gangguan kesehatan jiwa prevalensinya hanya boleh maksimal 1 persen.dan di Kalbar saat ini 0,6 persen”, ucap Harisson.

Dirinya menjelaskan, bahwa dari jumlah tersebut menggambarkan pentingnya menjaga kesehatan jiwa pada setiap individu.

“Keadaan seperti itu bukan mereka yang minta, itu sudah bagian dari takdir. Tugas kita bersama merawat mereka dengan setulus hati, agar mereka bisa sembuh dan diterima dengan baik di masyarakat. Apresiasi tka lupa saya sampaikan kepada semua tenaga kesehatan disini yang telah berjuang siang dan malam merawat saudara - saudara kita”, ucap Harisson.

Terkait pembangunan Gedung Baru Kantor Pelayanan RSJ ini, ia berharap dengan diresmikannya gedung tersebut menambah semangat dan integritas dari seluruh petugas i rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Singkawang - Bengkayang KM.15, Roban, Kec. Singkawang Tengah ini.

“terimakasih juga atas kinerja dari dr. Wilson dan jajaran. Dimana gedung baru ini dibangun dengan menggunakan jasa yang diterima RSJ ini pada masa covid sebesar 5 milyar rupiah”, timpalnya.

Tak hanya itu, Harisson juga kedepannya menargetkan untuk menambah fasilitas bagi orang - orang yang harus direhabilitasi akibat penggunaan NAPZA.

“Kedepannya semoga kita tak hanya mengembangkan infrastruktur bagi penderita gangguan jiwa, kita usahakan juga untuk meningkatkan fasilitas rehabilitasi bagi pecandu NAPZA. Saat ini hanya ada 20 - 40 kamar. Harusnya kita memiliki 400 kamar. Itu juga semangat dari peradilan saat ini, kita juga terus koordinasi bersama stakeholder terkait hal ini. Dimana untuk saat ini lebih mengutamakan pembinaan rehabilitasi agar terlepas dari barang haram ini, dibanding menjalani hukuman badan”, tutupnya.

Sebagai informasi, Pembangunan Gedung Kantor Baru 2 lantai yang sudah direncanakan 5 Tahun dan baru terealisasi tahun 2022 ini, menggunakan dana BLUD Tahun 2023 sebesar Rp 5.279.858.048 dengan luas bangunan 756 M persegi.

Tak hanya melihat fasilitas Gedung Baru dan mengunjungi pasien ODGJ yang sedang dirawat, Pj Gubernur dr. Harisson., M.Kes juga mengunjungi Rehabilitasi Psikososial, rehabilitasi NAPZA. Laundry, Instalasi Gizi dan ruangan Laboratorium Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini turut dihadiri , Pj. Sekda Kota Singkawang, Aulia Chandra, Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, Dirut Bank Kalbar dan Dirut Jamkrida.

February 6, 2024

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Jl. Raya Singkawang Bengkayang KM 15 Singkawang
089502468580
rsjiwa@kalbarprov.go.id