Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023

Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2023 merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk bersatu dalam tema ‘Kesehatan jiwa adalah hak asasi manusia universal’ untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kesadaran, dan mendorong tindakan yang mendorong dan melindungi kesehatan mental setiap orang sebagai hak asasi manusia universal.

 

Kesehatan jiwa adalah hak asasi manusia yang mendasar bagi semua orang. Setiap orang, siapapun dan dimanapun berada, berhak atas standar kesehatan jiwa tertinggi yang dapat dicapai. Hal ini mencakup hak untuk dilindungi dari risiko kesehatan mental, hak atas layanan yang tersedia, dapat diakses, dapat diterima, dan berkualitas baik, serta hak atas kebebasan, kemandirian dan inklusi dalam masyarakat.

 

Kesehatan jiwa yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Namun satu dari delapan orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi kesehatan jiwa, yang dapat berdampak pada kesehatan fisik, kesejahteraan, cara mereka berhubungan dengan orang lain, dan penghidupan mereka. Kondisi kesehatan mental juga mempengaruhi semakin banyak remaja dan generasi muda.

 

Memiliki kondisi kesehatan mental tidak boleh menjadi alasan untuk menghilangkan hak asasi seseorang atau mengecualikan mereka dari pengambilan keputusan mengenai kesehatan mereka sendiri. Namun di seluruh dunia, orang-orang dengan kondisi kesehatan mental terus mengalami berbagai pelanggaran hak asasi manusia. Banyak dari mereka yang dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat dan mengalami diskriminasi, sementara masih banyak lagi yang tidak dapat mengakses layanan kesehatan jiwa yang mereka perlukan atau hanya dapat mengakses layanan yang melanggar hak asasi mereka.

 

Tema tahun ini memungkinkan kita untuk melipatgandakan upaya kita untuk memastikan bahwa setiap orang harus menerima layanan kesehatan mental yang berkualitas dan bahwa hak asasi manusia dan kesejahteraan orang-orang dengan penyakit mental dihormati di seluruh belahan dunia sehingga setiap orang dengan penyakit mental memiliki :

Hak untuk dilindungi dari bahaya yang diketahui terhadap kesehatan mental; sebuah hak universal yang berlaku bagi seluruh penduduk, terutama kelompok rentan termasuk anak-anak, kelompok minoritas dan para pengungsi.

Hak untuk mengakses layanan berkualitas dan terjangkau ketika seseorang sedang berjuang dengan kesehatan mentalnya.

Hak atas kebebasan dan martabat, termasuk hak untuk memilih.

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat terus bekerja sama dengan berbagai kalangan khususnya Seluruh Dinas Sosial Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat untuk memastikan kesehatan mental dihargai, dipromosikan, dan dilindungi, dan tindakan segera diambil agar setiap orang dapat menggunakan hak asasi mereka dan mengakses layanan kesehatan mental berkualitas yang mereka butuhkan.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun 2023 ‘Kesehatan Mental adalah Hak Asasi Manusia Universal’ memberikan kita kesempatan untuk menghidupkan kembali upaya kita untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

 

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023.

Kesehatan Jiwa Adalah Hak Asasi Manusia Universal

October 10, 2023

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Jl. Raya Singkawang Bengkayang KM 15 Singkawang
089502468580
rsjiwa@kalbarprov.go.id