Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Mengenal Gangguan Mental

Apa itu gangguan mental?

Banyak orang memiliki masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu. Tetapi masalah kesehatan mental menjadi gangguan atau gangguan mental ketika tanda dan gejala yang berkelanjutan sering menyebabkan stres dan memengaruhi kemampuan Anda untuk berfungsi.

Mentall illness / gangguan mental atau jiwa adalah masalah kesehatan yang mempengaruhi pikiran, suasana hati, perilaku, atau cara orang memandang dunia di sekitar mereka. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis). Contoh gangguan mental / jiwa termasuk depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan, dan perilaku adiktif.

Gangguan mental menyebabkan kesusahan, menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti di sekolah dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berfungsi di tempat kerja, dalam hubungan, atau dalam tugas sehari-hari.

Gangguan mental dapat berkisar dari gangguan ringan yang berlangsung hanya beberapa minggu hingga gangguan parah yang dapat berlangsung seumur hidup dan menyebabkan kecacatan mental serius. Dalam kebanyakan kasus, gejala dapat dikelola dengan kombinasi obat-obatan dan psikoterapi.

 

Apa saja jenis gangguan mental?

Ada banyak jenis gangguan mental. Beberapa kelompok utama gangguan mental/jiwa adalah:

·         Gangguan mood/suasana hati (seperti depresi atau gangguan bipolar)

·         Gangguan kecemasan

·         Gangguan kepribadian

·         Gangguan psikotik (seperti skizofrenia)

·         Gangguan makan

·         Gangguan terkait trauma (seperti gangguan stres pasca-trauma)

·         Gangguan penyalahgunaan zat

Hampir 300 gangguan mental tercantum dalam DSM-5 (Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental). Ini adalah buku pegangan yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association. Ini digunakan oleh para profesional kesehatan untuk membantu mengidentifikasi dan mendiagnosis gangguan mental.

 

Apa saja gejala gangguan mental?

Setiap jenis gangguan mental memiliki serangkaian gejala yang berbeda. Misalnya, diet ekstrem mungkin merupakan tanda bahwa seseorang mengalami gangguan makan. Mendengar suara bisa menjadi tanda psikosis. Perasaan putus asa yang berkelanjutan setelah melahirkan bisa menjadi tanda depresi pasca melahirkan. Orang dengan kecemasan akan memiliki kekhawatiran atau ketakutan yang berlebihan, dan orang dengan depresi akan memiliki kesedihan yang berkepanjangan atau suasana hati yang buruk.

Perubahan drastis dalam pikiran, suasana hati, atau perilaku seseorang bisa menjadi tanda bahwa mereka memiliki gangguan mental. Perubahan bisa tiba-tiba atau datang secara bertahap dalam jangka waktu yang lama. Seseorang yang biasanya mengatasi kehidupan dengan baik mungkin mulai mengalami kesulitan berfungsi di tempat kerja atau dalam aktivitas normal karena gangguan mental.

 

Berikut adalah beberapa tanda gangguan mental yang harus diwaspadai:

·         Pikiran yang tidak biasa atau tidak logis

·         Kemarahan atau lekas marah yang tidak masuk akal

·         Konsentrasi dan ingatan yang buruk, tidak mampu mengikuti percakapan

·         Mendengar suara-suara yang tidak dapat didengar orang lain

·         Peningkatan atau penurunan tidur

·         Nafsu makan meningkat atau rendah

·         Kurang motivasi

·         Menarik diri dari orang-orang dan aktivitas

·         Perasaan bahwa hidup tidak layak dijalani atau pikiran bunuh diri yang lebih serius

·         Menjadi terobsesi dengan suatu topik, seperti kematian atau agama

·         Tidak menjaga kebersihan pribadi atau tanggung jawab lainnya

·         Tidak berprestasi baik di sekolah atau di tempat kerja

·         Merasa sedih atau down

·         Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan, atau perasaan bersalah yang ekstrim

·         Perubahan suasana hati yang ekstrim dari pasang surut

·         Kelelahan yang signifikan, energi rendah

·         Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah sehari-hari atau stres

·         Kesulitan memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang

·         Masalah dengan alkohol atau penggunaan narkoba

·         Perubahan dorongan seksual

Gejala gangguan jiwa bisa datang dan pergi sepanjang hidup seseorang.

 

 

Apa yang menyebabkan gangguan mental?

Para peneliti masih berusaha memahami apa yang menyebabkan gangguan mental. Tidak ada satu pun penyebab ini bisa terjadi karena berbagai faktor termasuk genetika, cara kerja otak, bagaimana kita tumbuh dewasa, lingkungan, kelompok sosial, budaya dan pengalaman hidup.

 

Beberapa contoh faktor tersebut antara lain:

·         Faktor genetik: memiliki anggota keluarga dekat dengan gangguan mental dapat meningkatkan risiko. Namun, hanya karena satu anggota keluarga memiliki gangguan mental tidak berarti yang lain akan mengalaminya.

·         Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol: penggunaan obat-obatan terlarang dapat memicu episode manik (gangguan bipolar) atau episode psikosis. Obat-obatan seperti kokain, mariyuana, dan amfetamin dapat menyebabkan paranoia.

·         Faktor biologis lainnya: beberapa kondisi medis atau perubahan hormonal.

·         Lingkungan kehidupan awal: pengalaman masa kanak-kanak yang negatif seperti pelecehan atau penelantaran dapat meningkatkan risiko beberapa gangguan mental.

·         Trauma dan stres: di masa dewasa, peristiwa kehidupan yang traumatis atau stres yang berkelanjutan seperti isolasi sosial, kekerasan dalam rumah tangga, putusnya hubungan, masalah keuangan atau pekerjaan dapat meningkatkan risiko gangguan mental. Pengalaman traumatis seperti tinggal di zona perang dapat meningkatkan risiko gangguan stres pascatrauma (PTSD).

·         Faktor kepribadian: beberapa sifat seperti perfeksionisme atau rendah diri dapat meningkatkan risiko depresi atau kecemasan.

 

Faktor risiko

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena gangguan mental, termasuk:

·         Situasi kehidupan yang penuh tekanan, seperti masalah keuangan, kematian orang yang dicintai, atau perceraian

·         Kondisi medis (kronis) yang sedang berlangsung, seperti diabetes

·         Kerusakan otak akibat cedera serius (cedera otak traumatis), seperti pukulan keras di kepala

·         Sedikit teman atau sedikit hubungan yang sehat

·         Gangguan mental sebelumnya

Gangguan mental adalah hal biasa. Sekitar 1 dari 5 orang dewasa memiliki gangguan mental pada tahun tertentu. Gangguan mental dapat dimulai pada usia berapa pun, dari masa kanak-kanak hingga dewasa nanti, tetapi kebanyakan kasus dimulai lebih awal dalam kehidupan.

Efek gangguan mental bisa bersifat sementara atau bertahan lama. Kita juga dapat memiliki lebih dari satu gangguan kesehatan mental secara bersamaan. Misalnya, kita mungkin mengalami depresi dan gangguan penggunaan zat.

 

Kapan saya harus menemui dokter saya?

Mengunjungi dokter adalah langkah pertama untuk mendapatkan perawatan dan mengembalikan kesehatan mental yang baik. Jika Anda khawatir mengalami gangguan mental, buatlah janji temu dengan dokter secepatnya.

 

Bagaimana gangguan mental didiagnosis?

Gangguan mental dapat didiagnosis dengan berbicara dengan dokter secara rinci tentang gejala Anda. Umumnya tidak ada tes darah atau pemindaian otak yang dapat mengkonfirmasi gangguan mental, meskipun tes ini mungkin berguna untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari gejala tersebut.

Penilaian akan mencakup pertanyaan tentang pikiran, suasana hati, dan perilaku Anda. Mungkin bermanfaat untuk membawa serta anggota keluarga atau pengasuh. Kuesioner terkadang digunakan, meskipun diagnosis tidak boleh dibuat berdasarkan kuesioner saja.

Gejala gangguan mental yang berbeda dijelaskan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5). Manual ini digunakan oleh dokter untuk menentukan gangguan mental yang Anda miliki.

Mungkin perlu untuk mendapatkan rujukan ke psikiater, psikolog atau layanan khusus lainnya untuk penilaian dan perawatan lebih lanjut.

 

Bagaimana gangguan mental dirawat?

Gangguan mental dapat diobati, dan kebanyakan orang dengan gangguan mental pulih untuk hidup produktif dan bahagia.

Perawatannya berbeda untuk setiap jenis gangguan mental dan dapat bervariasi menurut individu, tingkat keparahan gangguan, dan riwayat gangguan sebelumnya.

 

Jenis perawatan utama meliputi:

·         Terapi psikologis: ada banyak jenis psikoterapi, termasuk terapi suportif, terapi psikodinamik, terapi perilaku kognitif (CBT), terapi interpersonal, terapi kelompok, pasangan dan keluarga.

·         Obat-obatan: obat yang paling sering diresepkan adalah antidepresan, yang dapat digunakan untuk kecemasan atau depresi. Penstabil suasana hati digunakan untuk gangguan bipolar, dan obat antipsikotik digunakan untuk skizofrenia atau psikosis.

·         Perubahan gaya hidup: olahraga diketahui membantu meredakan atau mencegah kecemasan atau depresi. Menghindari obat-obatan terlarang dan alkohol juga dianjurkan, seperti diet sehat dan nutrisi yang baik.

·         Terapi pelengkap: strategi relaksasi, meditasi, atau terapi lain dapat membantu memulihkan kesehatan mental yang baik.

·         Jika sudah parah, atau seseorang berisiko bunuh diri, maka perawatan mungkin melibatkan penilaian dari rumah sakit jiwa.

 

Bisakah gangguan mental dicegah?

Kesehatan mental yang baik dapat didorong oleh hal-hal positif dalam hidup seperti:

·         Mendapat dukungan dari keluarga, teman dan masyarakat

·         Memiliki rasa identitas dan budaya yang kuat

·         Menjaga kesehatan fisik dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga

·         Mengurangi stres

·         Bersikap optimis

·         Mengembangkan cara mengatasi masalah hidup

 

Tidak ada cara pasti untuk mencegah gangguan mental. Namun, jika Anda memiliki gangguan mental, mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan stres, meningkatkan ketahanan, dan meningkatkan harga diri yang rendah dapat membantu mengendalikan gejala. Ikuti langkah ini:

·         Perhatikan tanda-tanda peringatan. Bekerjalah dengan dokter atau terapis untuk mempelajari apa yang mungkin memicu gejala Anda. Buatlah rencana agar Anda tahu apa yang harus dilakukan jika gejalanya kembali. Hubungi dokter atau terapis Anda jika Anda melihat adanya perubahan gejala atau perasaan Anda. Pertimbangkan untuk melibatkan anggota keluarga atau teman untuk mengamati tanda-tanda peringatan.

·         Dapatkan perawatan medis rutin. Jangan abaikan pemeriksaan atau melewatkan kunjungan ke penyedia perawatan primer seperti klinik atau puskesmas dan rumah sakit, terutama jika merasa tidak enak badan. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan baru yang perlu ditangani, atau Anda mungkin mengalami efek samping obat.

·         Dapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya. Kondisi kesehatan mental bisa lebih sulit diobati jika Anda menunggu hingga gejalanya memburuk. Perawatan pemeliharaan jangka panjang juga dapat membantu mencegah kekambuhan gejala.

·         Jaga dirimu baik-baik. Tidur yang cukup, makan sehat dan aktivitas fisik yang teratur adalah penting. Cobalah untuk mempertahankan jadwal yang teratur. Bicaralah dengan penyedia perawatan primer jika Anda mengalami sulit tidur atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang diet dan aktivitas fisik.

 

Komplikasi gangguan mental

Gangguan mental dapat menjadi stigma dan diskriminasi, yang dapat menjadi 2 masalah terbesar bagi seseorang dengan gangguan ini.

Gangguan mental adalah penyebab utama kecacatan. Gangguan mental yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan emosional, perilaku, dan fisik yang parah. Komplikasi yang terkadang dikaitkan dengan gangguan mental meliputi:

·         Ketidakbahagiaan dan penurunan kenikmatan hidup

·         Konflik keluarga

·         Kesulitan dalam hubungan dengan orang lain, teman dan keluarga

·         Isolasi sosial

·         Masalah dengan tembakau, alkohol dan obat-obatan lainnya

·         Kehilangan pekerjaan atau putus sekolah, atau masalah lain yang berhubungan dengan pekerjaan atau sekolah

·         Masalah hukum dan keuangan

·         Kemiskinan dan tunawisma

·         Menyakiti diri sendiri dan menyakiti orang lain, termasuk bunuh diri atau pembunuhan. 1 dari 10 orang dengan gangguan mental meninggal karena bunuh diri.

·         Sistem kekebalan tubuh melemah, sehingga tubuh kesulitan melawan infeksi

·         Gangguan jantung dan kondisi medis lainnya

 

Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri?

Pikiran dan perilaku bunuh diri umum terjadi pada beberapa gangguan mental. Jika Anda merasa dapat melukai diri sendiri atau mencoba bunuh diri, segera dapatkan bantuan:

·         Hubungi spesialis kesehatan mental Anda.

·         Carilah bantuan dengan mengunjungi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

·         Carilah bantuan dari penyedia perawatan primer Anda (Klinik, dokter praktik atau puskesmas terdekat).

·         Jangkau teman dekat atau orang yang dicintai.

·        Hubungi pendeta, pemimpin spiritual atau orang lain di komunitas iman Anda.

Pikiran untuk bunuh diri tidak membaik dengan sendirinya jadi carilah bantuan.

 

Bagaimana saya membantu orang yang dicintai?

Jika orang yang Anda cintai menunjukkan tanda-tanda gangguan mental, diskusikan secara terbuka dan jujur dengannya tentang kekhawatiran Anda. Anda mungkin tidak dapat memaksa seseorang untuk mendapatkan perawatan profesional, tetapi Anda dapat memberikan dorongan dan dukungan. Anda juga dapat membantu orang yang Anda kasihi menemukan ahli kesehatan mental profesional dan membuat janji temu. Anda bahkan mungkin bisa ikut ke janji temu.

Jika orang yang Anda kasihi telah melukai diri sendiri atau sedang mempertimbangkan untuk melakukannya, bawa orang tersebut ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat (Jika anda tinggal di area singkawang, sambas, bengkayang dan sekitarnya) atau hubungi bantuan darurat.

 

Referensi

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1314/definisi-mental-illnessgangguan-mental

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mental-illness/symptoms-causes/syc-20374968#:~:text=Mental%20illness%2C%20also%20called%20mental,eating%20disorders%20and%20addictive%20behaviors.

https://www.healthdirect.gov.au/mental-illness#:~:text=mood%20disorders%20(such%20as%20depression,psychotic%20disorders%20(such%20as%20schizophrenia)

 

October 9, 2023

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Jl. Raya Singkawang Bengkayang KM 15 Singkawang
089502468580
rsjiwa@kalbarprov.go.id