Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Mengenal Gangguan Depresi

 

Beberapa Fakta Tentang Depresi

Depresi adalah gangguan mental yang umum. Secara global, diperkirakan 5% orang dewasa menderita depresi.

Depresi adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia dan merupakan kontributor utama beban penyakit global secara keseluruhan.

Lebih banyak wanita yang terkena depresi daripada pria.

Depresi dapat menyebabkan bunuh diri.

Ada pengobatan yang efektif untuk depresi ringan, sedang, dan berat.

 

Depresi adalah penyakit umum di seluruh dunia, dengan perkiraan 3,8% dari populasi yang terkena, termasuk 5,0% di antara orang dewasa dan 5,7% di antara orang dewasa yang lebih tua dari 60 tahun. Sekitar 280 juta orang di dunia mengalami depresi. Depresi juga memengaruhi sekitar satu dari 15 orang dewasa (6,7%) pada tahun tertentu. Dan satu dari enam orang (16,6%) akan mengalami depresi pada suatu saat dalam hidup mereka. Depresi bisa terjadi kapan saja, namun rata-rata pertama kali muncul saat remaja akhir hingga pertengahan 20-an. Di Indonesia, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami depresi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sepertiga wanita akan mengalami episode depresi berat dalam hidup mereka. Ada tingkat heritabilitas yang tinggi (sekitar 40%) ketika kerabat tingkat pertama (orang tua/anak/saudara) mengalami depresi.

Depresi berbeda dari fluktuasi suasana hati yang biasa dan respons emosional jangka pendek terhadap tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bila berulang dan dengan intensitas sedang atau berat, depresi bisa menjadi kondisi kesehatan yang serius. Ini dapat menyebabkan orang yang terkena sangat menderita dan tidak berfungsi dengan baik di tempat kerja, di sekolah dan di keluarga. Yang terburuk, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. Lebih dari 700.000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun. Bunuh diri adalah penyebab utama kematian keempat pada usia 15-29 tahun.

Depresi (gangguan depresi mayor) adalah penyakit medis umum dan serius yang secara negatif memengaruhi perasaan Anda, cara Anda berpikir, dan cara Anda bertindak. Depresi menyebabkan gejala parah yang memengaruhi perasaan, pemikiran, dan aktivitas sehari-hari Anda, seperti tidur, makan, atau bekerja. Untungnya, depresi juga bisa diobati. Depresi menyebabkan perasaan sedih dan/atau kehilangan minat pada aktivitas yang pernah Anda nikmati. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik dan dapat menurunkan kemampuan Anda untuk berfungsi di tempat kerja dan di rumah.

Meskipun diketahui, pengobatan yang efektif untuk gangguan mental, lebih dari 75% orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak menerima pengobatan. Hambatan untuk perawatan yang efektif termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya penyedia layanan kesehatan terlatih dan stigma sosial yang terkait dengan gangguan mental. Di negara-negara dari semua tingkat pendapatan, orang yang mengalami depresi seringkali tidak terdiagnosis dengan benar, dan orang lain yang tidak mengalami gangguan tersebut terlalu sering salah didiagnosis dan diresepkan antidepresan.

Tanda dan gejala Depresi

 

Jika Anda mengalami beberapa tanda dan gejala berikut hampir sepanjang hari, hampir setiap hari, setidaknya selama dua minggu, Anda mungkin menderita depresi:

·         Merasa sedih, cemas, perasaan kosong atau memiliki suasana hati yang tertekan

·         Perasaan putus asa, atau pesimisme

·         Kehilangan minat atau kesenangan dalam aktivitas yang pernah dinikmati

·         Perasaan mudah tersinggung, frustrasi, atau gelisah

·         Perasaan bersalah, tidak berharga, atau tidak berdaya

·         Perubahan nafsu makan, penurunan atau penambahan berat badan yang tidak berhubungan dengan diet

·         Sulit tidur atau terlalu banyak tidur

·         Kehilangan energi atau peningkatan kelelahan

·         Peningkatan aktivitas fisik tanpa tujuan (mis., Ketidakmampuan untuk duduk diam, mondar-mandir, menggerakkan tangan) atau gerakan atau ucapan yang melambat (tindakan ini harus cukup parah agar dapat diamati oleh orang lain)

·         Merasa tidak berharga atau bersalah

·         Kesulitan berpikir, berkonsentrasi atau membuat keputusan

·         Pikiran tentang kematian atau bunuh diri atau percobaan bunuh diri

·         Sakit atau nyeri, sakit kepala, kram, atau masalah pencernaan tanpa penyebab fisik yang jelas yang tidak mereda bahkan dengan pengobatan

·         Gejala harus berlangsung setidaknya dua minggu dan harus mewakili perubahan tingkat fungsi Anda sebelumnya untuk diagnosis depresi.

·         Selain itu, kondisi medis (misalnya masalah tiroid, tumor otak, atau kekurangan vitamin) dapat menyerupai gejala depresi sehingga penting untuk menyingkirkan penyebab medis umum.

Selama episode depresi, orang tersebut mengalami suasana hati yang tertekan (merasa sedih, mudah marah, perasaan kosong) atau kehilangan kesenangan atau minat terhadap aktivitas, hampir sepanjang hari, hampir setiap hari, setidaknya selama dua minggu. Beberapa gejala lain juga muncul, yang mungkin termasuk konsentrasi yang buruk, perasaan bersalah yang berlebihan atau harga diri yang rendah, keputusasaan tentang masa depan, pikiran tentang kematian atau bunuh diri, gangguan tidur, perubahan nafsu makan atau berat badan, dan merasa sangat lelah atau rendah diri.

Dalam beberapa konteks budaya, beberapa orang mungkin mengungkapkan perubahan suasana hati mereka lebih mudah dalam bentuk gejala tubuh (misalnya nyeri, kelelahan, kelemahan). Namun, gejala fisik ini bukan karena kondisi medis lain.

Selama episode depresi, orang tersebut mengalami kesulitan yang signifikan dalam bidang fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, dan/atau fungsi penting lainnya.

Tidak semua orang yang mengalami depresi mengalami setiap gejala. Beberapa orang hanya mengalami sedikit gejala sementara yang lain mungkin mengalami banyak gejala. Beberapa gejala persisten selain suasana hati yang rendah diperlukan untuk diagnosis depresi berat, tetapi orang dengan hanya sedikit, tetapi gejala yang menyusahkan dapat memperoleh manfaat dari pengobatan juga. Tingkat keparahan dan frekuensi gejala dan berapa lama mereka bertahan akan bervariasi tergantung pada individu dan penyakitnya. Gejala juga dapat bervariasi tergantung pada stadium penyakit.

Episode depresi dapat dikategorikan sebagai ringan, sedang, atau berat tergantung pada jumlah dan keparahan gejala, serta dampaknya terhadap fungsi individu.

 

Ada berbagai pola gangguan mood termasuk:

·      gangguan depresi episode tunggal, yang berarti episode pertama dan satu-satunya orang tersebut);

·      gangguan depresi berulang, artinya orang tersebut memiliki riwayat setidaknya dua episode depresi; Dan

·     gangguan bipolar, yang berarti bahwa episode depresi bergantian dengan periode gejala manik, yang meliputi euforia atau lekas marah, peningkatan aktivitas atau energi, dan gejala lain seperti banyak bicara, pikiran berpacu, peningkatan harga diri, penurunan kebutuhan tidur, distraksi, dan impulsif perilaku sembrono.

 

Depresi Berbeda Dari Kesedihan atau Kesedihan / Berkabung

Kematian orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan atau berakhirnya suatu hubungan adalah pengalaman yang sulit untuk dialami seseorang. Wajar jika perasaan sedih atau duka berkembang sebagai respons terhadap situasi seperti itu. Mereka yang mengalami kehilangan sering menggambarkan diri mereka sebagai "depresi".

Tapi sedih tidak sama dengan mengalami depresi. Proses berduka itu alami dan unik untuk setiap individu dan berbagi beberapa ciri depresi yang sama. Kesedihan dan depresi mungkin melibatkan kesedihan yang intens dan penarikan diri dari aktivitas biasa. Mereka juga berbeda dalam hal-hal penting:

Dalam kesedihan, perasaan menyakitkan datang secara bergelombang, seringkali bercampur dengan kenangan positif tentang almarhum. Dalam depresi berat, suasana hati dan/atau minat (kesenangan) menurun hampir selama dua minggu.

Dalam kesedihan, harga diri biasanya dipertahankan. Dalam depresi berat, perasaan tidak berharga dan membenci diri sendiri adalah hal biasa.

Dalam kesedihan, pikiran tentang kematian mungkin muncul saat memikirkan atau berfantasi tentang "bergabung" dengan orang yang dicintai yang telah meninggal. Dalam depresi berat, pikiran terfokus pada mengakhiri hidup seseorang karena merasa tidak berharga atau tidak pantas hidup atau tidak mampu mengatasi rasa sakit depresi.

Kesedihan dan depresi dapat muncul bersamaan bagi sebagian orang, kematian orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan atau menjadi korban serangan fisik atau bencana besar dapat menyebabkan depresi. Saat kesedihan dan depresi terjadi bersamaan, kesedihan menjadi lebih parah dan berlangsung lebih lama daripada kesedihan tanpa depresi.

Membedakan antara kesedihan dan depresi itu penting dan dapat membantu orang mendapatkan bantuan, dukungan, atau perawatan yang mereka butuhkan.

 

 

Penyebab dan Faktor Risiko Depresi

Depresi terjadi karena interaksi yang kompleks dari faktor sosial, psikologis, dan biologis. Orang yang telah mengalami peristiwa kehidupan yang merugikan (pengangguran, kehilangan, peristiwa traumatis) lebih mungkin mengalami depresi. Depresi dapat, pada gilirannya, menyebabkan lebih banyak stres dan disfungsi serta memperburuk situasi kehidupan orang yang terkena dampak dan depresi itu sendiri.

 

Depresi dapat memengaruhi siapa saja, bahkan orang yang tampaknya hidup dalam keadaan yang relatif ideal.

Beberapa faktor dapat berperan dalam depresi:

Biokimia: Perbedaan bahan kimia tertentu di otak dapat menyebabkan gejala depresi.

Genetika: Depresi dapat diturunkan dalam keluarga. Misalnya, jika salah satu kembar identik mengalami depresi, yang lain memiliki peluang 70 persen untuk menderita penyakit tersebut dalam hidupnya.

Kepribadian: Orang dengan harga diri rendah, yang mudah diliputi oleh stres, atau yang umumnya pesimis tampaknya lebih mungkin mengalami depresi.

Faktor lingkungan: Paparan terus-menerus terhadap kekerasan, pengabaian, pelecehan atau kemiskinan dapat membuat beberapa orang lebih rentan terhadap depresi.

Penyakit fisik dan obat-obat tertentu. Ada keterkaitan antara depresi dan kesehatan fisik. Misalnya, penyakit kardiovaskular dapat menyebabkan depresi dan sebaliknya.

 

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling umum di Amerika Serikat. Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik, biologis, lingkungan, dan psikologis berperan dalam depresi.

 

Depresi dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi seringkali dimulai pada usia dewasa. Depresi sekarang diakui terjadi pada anak-anak dan remaja, meskipun kadang-kadang muncul dengan sifat lekas marah yang lebih menonjol daripada suasana hati yang rendah. Banyak gangguan suasana hati dan kecemasan kronis pada orang dewasa dimulai dengan tingkat kecemasan yang tinggi pada anak-anak.

 

Depresi, terutama pada usia paruh baya atau orang dewasa yang lebih tua, dapat terjadi bersamaan dengan penyakit medis serius lainnya, seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, dan penyakit Parkinson. Kondisi ini seringkali lebih buruk saat depresi hadir, dan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi dan penyakit medis lainnya cenderung memiliki gejala yang lebih parah dari kedua penyakit tersebut. Terkadang obat yang diminum untuk penyakit fisik ini dapat menyebabkan efek samping yang menyebabkan depresi. Seorang dokter yang berpengalaman dalam mengobati penyakit rumit ini dapat membantu menyusun strategi pengobatan terbaik.

 

 

Pencegahan Depresi

Program pencegahan telah terbukti mengurangi depresi. Pendekatan masyarakat yang efektif untuk mencegah depresi termasuk program berbasis sekolah untuk meningkatkan pola koping positif pada anak-anak dan remaja. Intervensi untuk orang tua dari anak-anak dengan masalah perilaku dapat mengurangi gejala depresi orang tua dan meningkatkan hasil bagi anak-anak mereka. Program latihan untuk lansia juga efektif dalam pencegahan depresi.

 

Bagaimana Depresi Diobati?

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang paling bisa diobati. Antara 80% dan 90% persen orang dengan depresi pada akhirnya merespons pengobatan dengan baik. Hampir semua pasien mendapatkan sedikit kelegaan dari gejala mereka.

Kimia otak dapat berkontribusi pada depresi seseorang dan dapat menjadi faktor dalam perawatan mereka. Untuk alasan ini, antidepresan mungkin diresepkan untuk membantu memodifikasi kimiawi otak seseorang. Umumnya obat antidepresan tidak memiliki efek stimulasi pada orang yang tidak mengalami depresi.

 

Sebelum diagnosis atau perawatan, seorang profesional kesehatan (Psikiater) harus melakukan evaluasi diagnostik menyeluruh, termasuk wawancara dan pemeriksaan fisik. Dalam beberapa kasus, tes darah mungkin dilakukan untuk memastikan depresi bukan karena kondisi medis seperti masalah tiroid atau kekurangan vitamin (membalikkan penyebab medis akan mengurangi gejala seperti depresi). Evaluasi akan mengidentifikasi gejala spesifik dan mengeksplorasi riwayat medis dan keluarga serta faktor budaya dan lingkungan dengan tujuan mencapai diagnosis dan merencanakan tindakan.

 

Obat-Obatan

Depresi, bahkan kasus yang paling parah, dapat diobati. Perawatan sebelumnya dimulai, semakin efektif. Depresi biasanya diobati dengan obat-obatan, psikoterapi, atau kombinasi keduanya. Jika perawatan ini tidak mengurangi gejala, terapi elektrokonvulsif (ECT) dan terapi stimulasi otak lainnya dapat menjadi pilihan untuk dieksplorasi.

Antidepresan adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobati depresi. Mereka dapat membantu meningkatkan cara otak Anda menggunakan bahan kimia tertentu yang mengendalikan suasana hati atau stres. Anda mungkin perlu mencoba beberapa obat antidepresan yang berbeda sebelum menemukan obat yang memperbaiki gejala dan memiliki efek samping yang dapat ditangani. Obat yang pernah membantu Anda atau anggota keluarga dekat di masa lalu akan sering dipertimbangkan.

Antidepresan membutuhkan waktu biasanya 4 hingga 8 minggu untuk bekerja, dan seringkali, gejala seperti masalah tidur, nafsu makan, dan konsentrasi membaik sebelum suasana hati terangkat, jadi penting untuk memberi kesempatan pada pengobatan sebelum memutuskan apakah itu berhasil.

Antidepresan dapat menghasilkan beberapa perbaikan dalam satu atau dua minggu pertama penggunaan, namun manfaat penuh mungkin tidak terlihat selama dua sampai tiga bulan. Jika pasien merasa sedikit atau tidak ada perbaikan setelah beberapa minggu, psikiaternya dapat mengubah dosis obat atau menambah atau mengganti antidepresan lain. Dalam beberapa situasi obat psikotropika lain mungkin bisa membantu. Penting untuk memberi tahu dokter Anda jika obat tidak bekerja atau jika Anda mengalami efek samping.

 

Psikiater biasanya menganjurkan agar pasien terus minum obat selama enam bulan atau lebih setelah gejala membaik. Perawatan pemeliharaan jangka panjang mungkin disarankan untuk mengurangi risiko episode mendatang bagi orang-orang tertentu yang berisiko tinggi.

 

Jika Anda mulai menggunakan antidepresan, jangan berhenti meminumnya tanpa berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Kadang-kadang orang yang memakai antidepresan merasa lebih baik dan kemudian berhenti minum obat sendiri, dan depresinya kembali. Ketika Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda telah memutuskan sudah waktunya untuk menghentikan pengobatan, biasanya setelah 6 hingga 12 bulan, penyedia layanan kesehatan akan membantu Anda menurunkan dosis secara perlahan dan aman. Menghentikannya secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala putus zat.

 

Harap Dicatat: Dalam beberapa kasus, anak-anak, remaja, dan dewasa muda di bawah 25 tahun mungkin mengalami peningkatan pikiran atau perilaku bunuh diri saat mengonsumsi antidepresan, terutama dalam beberapa minggu pertama setelah memulai atau saat dosis diubah. Peringatan dari Food and Drug Administration (FDA) AS ini juga mengatakan bahwa pasien dari segala usia yang menggunakan antidepresan harus diawasi dengan ketat, terutama selama beberapa minggu pertama pengobatan.

 

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan antidepresan dan Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang peningkatan risiko kesehatan bagi Anda atau anak Anda yang belum lahir atau menyusui.

 

 

Psikoterapi

Psikoterapi, atau "terapi bicara", terkadang digunakan sendiri untuk pengobatan depresi ringan; untuk depresi sedang hingga berat, psikoterapi sering digunakan bersamaan dengan obat antidepresan. Terapi perilaku kognitif (CBT) telah terbukti efektif dalam mengobati depresi. CBT adalah suatu bentuk terapi yang berfokus pada pemecahan masalah di masa kini. CBT membantu seseorang untuk mengenali pemikiran yang terdistorsi/negatif dengan tujuan mengubah pemikiran dan perilaku untuk menanggapi tantangan dengan cara yang lebih positif.

 

Psikoterapi mungkin hanya melibatkan individu, tetapi dapat mencakup orang lain. Misalnya, terapi keluarga atau pasangan dapat membantu mengatasi masalah dalam hubungan ini. Terapi kelompok menyatukan orang-orang dengan penyakit serupa dalam lingkungan yang mendukung, dan dapat membantu peserta mempelajari bagaimana orang lain mengatasi situasi serupa.

 

Bergantung pada tingkat keparahan depresi, pengobatan bisa memakan waktu beberapa minggu atau lebih lama. Dalam banyak kasus, perbaikan yang signifikan dapat dilakukan dalam 10 sampai 15 sesi.

 

Terapi Kejang Listrik (ECT)

Jika pengobatan tidak mengurangi gejala depresi, terapi elektrokonvulsif (ECT) dapat menjadi pilihan untuk dieksplorasi. ECT adalah perawatan medis yang paling sering disediakan untuk pasien dengan depresi berat yang tidak menanggapi perawatan lain. Ini melibatkan stimulasi listrik singkat pada otak saat pasien berada di bawah anestesi. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, ECT dapat memberikan kelegaan bagi penderita depresi berat yang belum dapat merasa lebih baik dengan perawatan lain.

Terapi elektrokonvulsif dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk depresi. Dalam beberapa kasus parah di mana respons cepat diperlukan atau pengobatan tidak dapat digunakan dengan aman, ECT bahkan dapat menjadi intervensi lini pertama.

 

Seorang pasien biasanya menerima ECT dua sampai tiga kali seminggu dengan total enam sampai 12 perawatan. Biasanya dikelola oleh tim profesional medis terlatih termasuk psikiater, ahli anestesi dan asisten perawat atau dokter. ECT telah digunakan sejak tahun 1940-an, dan penelitian selama bertahun-tahun telah menghasilkan perbaikan besar dan pengakuan efektivitasnya sebagai pengobatan arus utama daripada pengobatan "pilihan terakhir".

 

ECT dapat menyebabkan beberapa efek samping, termasuk kebingungan, disorientasi, dan kehilangan ingatan. Biasanya efek samping ini bersifat jangka pendek, tetapi terkadang masalah ingatan dapat bertahan lama, terutama selama berbulan-bulan sekitar waktu pengobatan. Kemajuan dalam perangkat dan metode ECT telah membuat ECT modern aman dan efektif untuk sebagian besar pasien. Bicaralah dengan dokter Anda dan pastikan Anda memahami potensi manfaat dan risiko perawatan sebelum memberikan persetujuan untuk menjalani ECT.

ECT tidak menyakitkan, dan Anda tidak dapat merasakan impuls listrik. Sebelum ECT dimulai, pasien dibius singkat dan diberi pelemas otot. Dalam waktu satu jam setelah sesi perawatan, yang hanya memakan waktu beberapa menit, pasien sudah bangun dan waspada.

Jenis terapi stimulasi otak lain yang baru diperkenalkan yang digunakan untuk mengobati depresi yang resistan terhadap obat termasuk stimulasi magnetik transkranial berulang (rTMS) dan stimulasi saraf vagus (VNS). Jenis perawatan stimulasi otak lainnya sedang dipelajari.

 

Self-help dan Koping

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan orang untuk membantu mengurangi gejala depresi. Bagi banyak orang, olahraga teratur membantu menciptakan perasaan positif dan memperbaiki suasana hati. Tidur yang cukup berkualitas secara teratur, makan makanan yang sehat dan menghindari alkohol (depresan) juga dapat membantu mengurangi gejala depresi.

 

Depresi adalah penyakit yang nyata dan bantuan tersedia. Dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, sebagian besar penderita depresi akan mampu mengatasinya. Jika Anda mengalami gejala depresi, langkah pertama adalah menemui dokter keluarga atau psikiater. Bicarakan kekhawatiran Anda dan minta evaluasi menyeluruh. Ini adalah awal untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mental Anda.

 

Bagaimana saya bisa mendapatkan bantuan? Kapan harus ke dokter?

Jika Anda merasa mengalami depresi, mulailah dengan membuat janji bertemu dengan penyedia layanan kesehatan Anda seperti Dokter, Psikiater, Psikolog atau Perawat Kesehatan Mental. Mareka adalah praktisi perawatan primer atau penyedia layanan kesehatan yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan merawat kondisi kesehatan mental. Jika Anda enggan mencari pengobatan, bicaralah dengan teman atau orang terkasih, profesional perawatan kesehatan, pemimpin agama, atau orang lain yang Anda percayai.

Anda bisa datang ke Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat (RSJ Singkawang) untuk melakukan konsultasi terkait kondisi anda.

 

Hal yang Dapat Dilakukan Selamat Menjalani Perawatan dan Pengobatan Depresi

Setelah Anda memulai perawatan, Anda harus secara bertahap mulai merasa lebih baik. Berikut adalah tip lain yang dapat membantu Anda atau orang yang Anda cintai selama perawatan untuk depresi:

·         Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik. Hanya 30 menit sehari berjalan dapat meningkatkan suasana hati.

·         Cobalah untuk mempertahankan waktu tidur dan bangun yang teratur.

·         Makan teratur, makanan sehat.

·         Lakukan apa yang Anda bisa semampu Anda. Putuskan apa yang harus dilakukan dan apa yang bisa menunggu.

·         Cobalah untuk terhubung dengan orang lain, dan berbicara dengan orang yang Anda percayai tentang perasaan Anda.

·         Tunda keputusan penting, seperti menikah atau bercerai, atau berganti pekerjaan sampai Anda merasa lebih baik.

·         Hindari penggunaan alkohol, nikotin, atau obat-obatan, termasuk obat yang tidak diresepkan untuk Anda.

 

Diagnosa

Dokter Anda mungkin menentukan diagnosis depresi berdasarkan:

·         Pemeriksaan fisik. Dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang kesehatan Anda. Dalam beberapa kasus, depresi mungkin terkait dengan masalah kesehatan fisik yang mendasarinya.

·         Tes laboratorium. Misalnya, dokter Anda mungkin melakukan tes darah yang disebut hitung darah lengkap atau tes tiroid Anda untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

·         Evaluasi psikiatri. Profesional kesehatan mental Anda bertanya tentang gejala, pikiran, perasaan, dan pola perilaku Anda. Anda mungkin diminta untuk mengisi kuesioner untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

·         DSM-5. Profesional kesehatan mental Anda mungkin menggunakan kriteria depresi yang tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

 

Bagaimana prognosis depresi?

Prognosis depresi bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu, termasuk:

·         Tingkat keparahan dan jenisnya.

·         Jika itu sementara atau tahan lama.

·         Jika dirawat atau tidak diobati.

·         Jika Anda memiliki kondisi yang terjadi bersamaan, seperti gangguan suasana hati lainnya, kondisi medis, atau gangguan penggunaan zat.

Dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat, sebagian besar orang dengan depresi hidup sehat dan memuaskan. Namun, depresi dapat kembali setelah Anda mendapatkan perawatan, jadi penting untuk mencari bantuan medis segera setelah gejala muncul kembali.

 

Tanpa pengobatan, depresi dapat:

·         Menjadi lebih buruk.

·         Dapat meningkatkan kemungkinan mengalami kondisi kesehatan lain, seperti demensia.

·         Berujung pada memburuknya kondisi kesehatan yang ada, seperti diabetes atau sakit kronis.

·         Menyebabkan menyakiti diri sendiri atau kematian.

Depresi menyumbang hampir 40.000 kasus bunuh diri setiap tahun di Amerika Serikat. Sangat penting untuk mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri. Hubungi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat atau pergi ke ruang gawat darurat di rumah sakit terdepat.

 

Kesimpulan

Depresi adalah kondisi umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun. Siapa pun dapat mengalami depresi, meskipun tampaknya tidak ada alasan untuk itu. Kabar baiknya adalah bahwa depresi dapat diobati. Jika Anda memiliki gejala depresi, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Semakin cepat Anda mendapatkan bantuan, semakin cepat Anda merasa lebih baik.

 

Referensi

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/symptoms-causes/syc-20356007

https://www.psychiatry.org/patients-families/depression/what-is-depression

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/depression

https://www.nimh.nih.gov/health/topics/depression

https://www.psychiatry.org/patients-families/depression/what-is-depression

https://www.nhs.uk/mental-health/conditions/clinical-depression/overview/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9290-depression

 

October 9, 2023

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Jl. Raya Singkawang Bengkayang KM 15 Singkawang
089502468580
rsjiwa@kalbarprov.go.id