Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

12 Cara Mendukung Anggota Keluarga Yang Mengalami Skizofrenia

 

Skizofrenia adalah kondisi mental serius yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku penderitanya.

Seiring dengan gejala yang memengaruhi konsentrasi dan ingatan, orang yang hidup dengan skizofrenia mengalami psikosis, yang meliputi halusinasi dan delusi.

Mereka mungkin kehilangan minat pada aktivitas yang biasa mereka lakukan, bergumul dengan perawatan diri, dan menarik diri dari orang yang dicintai.

Gejala-gejala ini dapat berdampak luas. Tidak hanya sering membuat kehidupan sehari-hari menjadi sulit dan berkontribusi pada tekanan emosional, mereka juga dapat menyebabkan isolasi, masalah tidur, atau penggunaan zat yang semuanya dapat mempengaruhi kesejahteraan dan mempersulit perawatan.

Jika orang yang Anda cintai (baik keluarga maupun teman) hidup dengan skizofrenia, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara terbaik untuk memberikan dukungan.

Memberikan dukungan kepada anggota keluarga atau teman penderita skizofrenia berarti membantu mereka mendapatkan perawatan medis dan psikologis yang mereka butuhkan. Dan hal ini juga berarti anda juga harus menjaga diri sendiri pada saat yang bersamaan.

Berikut adalah 12 cara untuk membantu dalam memberikan dukungan kepada anggota keluarga atau teman yang mengalami skizofrenia, lengkap dengan beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan dan dihindari.

 

1.    Banyak belajar tentang penyakit Skizofrenia

Saat Anda mengenali dan memahami gejala skizofrenia, perilaku orang yang Anda kasihi mungkin tampak kurang membingungkan atau menakutkan.

Ada banyak stigma seputar skizofrenia, yang sebagian besar berkaitan dengan gejala utama psikosis:

Khayalan, yaitu keyakinan yang tidak didukung oleh bukti faktual. Mereka mungkin percaya seseorang meracuni makanan mereka, bahwa mereka memiliki kekuatan khusus, atau bahwa orang lain mengendalikan perilaku mereka.

Halusinasi, seperti melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal yang tidak bisa dilakukan orang lain. Mereka mungkin mendengar musik, suara yang mengatakan hal-hal yang kejam, atau melihat (dan menyentuh) binatang yang sebenarnya tidak ada.

Gejala kognitif, termasuk kesulitan berkonsentrasi, berbicara dengan jelas, atau menjawab pertanyaan. Mereka mungkin menggunakan kata atau frasa yang tidak masuk akal, mengatakan hal-hal yang tidak dapat Anda pahami, atau mengulangi frasa yang sama.

Seseorang dengan skizofrenia mungkin percaya bahwa mereka benar-benar seorang selebriti atau tokoh sejarah atau agama.

Mereka mungkin juga membuat gerakan yang tidak biasa atau tersentak-sentak dan bergerak dengan gelisah. Dan mereka mungkin tampak gelisah atau kesal.

Namun, mitos bahwa skizofrenia secara otomatis membuat seseorang menjadi kasar atau berbahaya hanyalah mitos.

Perbanyaklah mempelajari gejala skizofrenia secara lebih rinci.

 

2.    Dengarkan dan validasi

Ketika orang yang Anda cintai menggambarkan halusinasi atau delusinya, Anda mungkin merasa tidak yakin bagaimana cara menanggapinya.

Tidak tahu apa yang harus dikatakan adalah hal yang wajar, tetapi Anda masih dapat memvalidasi kebingungan, frustrasi, dan ketakutan mereka bahkan saat Anda tidak sepenuhnya memahami pengalaman mereka.

Alih-alih mengabaikan gejala-gejala ini sebagai kebohongan atau cerita, ingatlah hal-hal yang mereka lihat, dengar, dan percayai benar-benar nyata bagi mereka.

Pertimbangkan bagaimana perasaan Anda, dan bagaimana Anda ingin orang lain mendukung Anda, jika Anda sangat meyakini sesuatu yang disangkal orang lain.

 

Apa yang harus dikatakan

Untuk menghindari mengabaikan pengalaman mereka, cobalah sesuatu seperti:

 

“Melihat sosok aneh di rumahmu pasti sangat menakutkan. Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda merasa lebih aman?”

“Saya mengerti anda tidak ingin keluar ketika anda merasa seseorang memperhatikan anda. Apakah anda akan lebih mudah menjalankan tugas jika saya menemani anda?

 

Mereka mungkin tampak tidak tertarik untuk berbicara dan memberikan tanggapan yang "datar", tetapi kesulitan mengungkapkan emosi adalah gejala skizofrenia yang umum.

 

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa pola bicara mereka tampak tidak biasa atau asing, dan Anda mungkin tidak selalu mengerti apa yang ingin mereka katakan.

 

Meski begitu, beri mereka waktu untuk mengekspresikan diri dengan cara mereka sendiri. Biarkan mereka berbicara tanpa mencoba menyelesaikan kalimat mereka atau mengisi ruang kosong. Mungkin diperlukan lebih banyak waktu untuk melakukan percakapan, tetapi melakukan upaya tersebut dapat membantu mereka merasa didukung dan terhubung.

 

3.    Tanyakan bagaimana Anda dapat membantu

Anda mungkin ingin melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mempermudah orang yang Anda cintai. Mungkin Anda memiliki banyak saran atau nasihat untuk perubahan yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

 

Namun, mereka tetap orang mereka sendiri, dan mereka mungkin tidak membutuhkan atau ingin Anda memegang kendali penuh.

 

Alih-alih, tanyakan, "Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda?"

 

Atau coba buat saran yang masih membuat mereka memegang kendali:

“Saya perhatikan Anda tidak memiliki banyak pakaian bersih yang tersisa di lemari. Apakah akan membantu jika saya membawakannya ke laundry untuk Anda?

"Kamu butuh bahan makanan? Aku bisa mengantarmu ke toko hari ini.”

"Kupikir kita bisa membuat makan malam bersama, tapi kenapa kita tidak mencuci piring dulu?"

Jika mereka mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan, sebaiknya hargai itu selama keselamatan mereka tidak terancam.

Anda mungkin berpikir mendapatkan udara segar atau merapikan akan sangat membantu kesehatan mereka. Namun, ketika Anda memaksa mereka melakukan sesuatu yang tidak ingin mereka lakukan, mereka mungkin merasa frustrasi dan malah menarik diri.

 

4.    Tetap terhubung

Isolasi diri dan penarikan sosial seringkali merupakan tanda awal skizofrenia. Orang yang Anda kasihi mungkin kehilangan minat pada hal-hal yang biasa dia nikmati: bekerja atau sekolah, hobi, dan menghabiskan waktu bersama Anda dan orang-orang terkasih lainnya.

 

Tetap berhubungan memberi Anda kesempatan untuk memberikan dukungan sosial dan emosional yang penting. Tetap terhubung juga memberi Anda kesempatan untuk menyemangati mereka jika mereka tampak enggan mendapatkan dukungan atau melanjutkan pengobatan.

1.    Bantu mereka membuat rencana krisis

 

Begitu muncul, gejala skizofrenia bisa datang dan menghilang sepanjang hidup. Membuat rencana tentang apa yang harus dilakukan saat hal ini terjadi dapat mempermudah penanganan gejala jika muncul kembali atau memburuk.

Rencana ini mungkin mencakup hal-hal seperti:

·         tanda kunci episode kekambuhan skizofrenia

·         nomor yang bisa dihubungi (psikiater, terapis, dan profesional lainnya)

·         strategi untuk mengatasi tekanan, termasuk peregangan, gerakan fisik, atau pernapasan dalam

·         nomor telepon untuk kontak darurat

·         langkah pertama yang mereka sukai untuk mendapatkan bantuan, seperti memeriksa dengan terapis mereka atau menuju ke ruang gawat darurat

·         daftar obat saat ini, alergi, dan informasi kesehatan penting lainnya

·         yang harus merawat anak-anak atau hewan peliharaan mereka dan menjaga rumah mereka

Jika Anda merasa nyaman melakukannya, cantumkan nomor Anda sendiri di daftar dan beri tahu mereka bahwa mereka dapat menghubungi Anda dalam keadaan krisis.

 

2.    Dorong mereka untuk melanjutkan rencana perawatan mereka

Orang dengan skizofrenia biasanya membutuhkan perawatan jangka panjang dan dukungan dari profesional kesehatan mental.

Obat untuk skizofrenia dapat memperbaiki gejala dan terkadang membantu mencegahnya kembali.

Terapi, di sisi lain, dapat membantu orang yang hidup dengan skizofrenia belajar mengenali tanda-tanda episode kekambuhan dan mengeksplorasi strategi untuk mengelola gejala dan tekanan yang ditimbulkannya.

Anda dapat bertanya tentang perawatan dan menawarkan dukungan dengan cara yang positif dan suportif tanpa membuat mereka merasa dikritik atau tidak berdaya.

Hal yang bisa anda lakukan seperti :

“Bagaimana terapinya? Apakah terapis Anda sangat membantu?”

“Aku ingat kamu menyebutkan kesulitan mengingat untuk minum obat. Apakah akan membantu untuk menyetel pengingat di ponsel Anda?”

"Bisakah saya mengantar Anda ke terapi atau mengantar Anda mengambil resep Anda minggu ini?"

 

Jangan lakukan hal ini :

"Apakah kamu masih akan menjalani terapi?"

"Apakah kamu minum obatmu hari ini?"

“Kamu tahu kamu tidak bisa menghentikan pengobatan bahkan jika kamu merasa lebih baik, kan?”

Terapi keluarga juga dapat memberikan kesempatan bagi anggota keluarga untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang rencana perawatan dan cara produktif untuk menawarkan dukungan.

 

3.    Memantau obat

Setelah dalam perawatan, pemantauan yang cermat dapat memastikan bahwa orang yang Anda cintai tetap pada jalurnya dan mendapatkan hasil maksimal dari pengobatan.

 

Tanggapi efek samping dengan serius. Banyak orang dengan skizofrenia berhenti minum obat karena efek samping. Sampaikan efek samping yang menyusahkan kepada dokter, yang mungkin dapat mengurangi dosis, beralih ke antipsikotik lain, atau menambahkan obat untuk melawan efek samping.

 

Dorong orang yang Anda cintai untuk minum obat secara teratur. Bahkan dengan efek samping terkendali, beberapa orang dengan skizofrenia menolak pengobatan atau kesulitan mengingat dosis harian mereka. Aplikasi pengingat obat, kotak pil mingguan, dan kalender dapat membantu. Beberapa obat tersedia sebagai suntikan mingguan atau bulanan yang tahan lama, bukan pil harian.

 

Hati-hati untuk menghindari interaksi obat. Bantu orang yang Anda kasihi menghindari interaksi obat yang berbahaya dengan memberi dokter daftar lengkap obat dan suplemen yang mereka konsumsi. Mencampur alkohol atau obat-obatan terlarang dengan obat skizofrenia berbahaya, jadi bicarakan dengan dokter jika kerabat Anda memiliki masalah penyalahgunaan zat.

 

Lacak kemajuan anggota keluarga Anda. Aplikasi pelacak suasana hati, jurnal, atau buku harian adalah cara yang baik untuk melacak perubahan perilaku, pandangan, dan gejala lain anggota keluarga Anda sebagai respons terhadap pengobatan.

 

4.    Jadikan rumah Anda tempat yang aman.

Bagian dari pendidikan dan konseling keluarga adalah belajar bagaimana menciptakan lingkungan rumah yang mendukung. Penting untuk bersikap hormat dan baik hati tetapi tidak mentolerir perilaku berbahaya.

 

“Hindari pertengkaran dan konfrontasi.” “Ini bisa menjadi tantangan, terutama ketika penderita skizofrenia sedang menghadapi delusi atau halusinasi, tetapi Anda perlu menggunakan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah tersebut.”

 

5.    Tingkatkan kepercayaan diri orang yang Anda cintai.

Rumah Anda harus menjadi tempat yang aman, bukan tempat persembunyian. Penting untuk mendorong kerabat Anda untuk mengambil tanggung jawab atas kesehatan mereka dan menjadi mandiri sebanyak mungkin.

 

“Membiarkan orang yang Anda cintai putus sekolah atau tidak memiliki pekerjaan merupakan tindakan yang tidak sehat.” “Bahkan pekerjaan paruh waktu atau beberapa kelas dapat membantu memupuk tanggung jawab dan menciptakan rasa kemandirian. Menjadi terlalu protektif dapat mencegah mereka mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan sosial yang mereka butuhkan untuk berhasil.”

 

6.    Jangan lupa untuk menjaga diri sendiri.

Merawat diri sendiri bukanlah hal yang egois. Faktanya, sama pentingnya bagi orang yang Anda cintai dengan skizofrenia untuk menjaga kebutuhan kesehatan Anda sendiri.

 

Menjadi pengasuh seseorang dengan skizofrenia bisa membuat stres, dan tidak jarang orang yang menjalankan peran ini mengalami kelelahan. Menurut survei NAMI tahun 2008 terhadap pengasuh skizofrenia, lebih dari 50 persen kesulitan menemukan waktu untuk menjaga kesehatan mereka sendiri. Salah satu cara untuk menemukan dukungan dan sumber daya adalah bergabung dengan kelompok pendukung pengasuh.

 

Skizofrenia dapat memberikan tekanan yang luar biasa pada keluarga. Itu bisa mengambil alih hidup Anda dan membuat anda tidak berdaya. Dan jika Anda stres, Anda akan membuat penderita skizofrenia stres dan memicu atau memperburuk gejalanya.

 

Karena mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat juga penting bagi orang yang Anda cintai dalam mengelola gejala skizofrenia, dengan menjaga kesehatan Anda sendiri, Anda dapat menjadi panutan. Anda bahkan dapat melakukan beberapa langkah ini bersama-sama, saling membantu memotivasi dan menyemangati.

 

Terhubung dengan orang lain. Interaksi sosial dengan seseorang yang peduli pada Anda adalah cara paling efektif untuk menghilangkan stres. Penting bagi Anda dan orang dengan skizofrenia untuk memiliki orang lain yang dapat Anda hubungi secara langsung, seseorang yang dapat Anda ajak bicara untuk waktu yang tidak terputus, seseorang yang akan mendengarkan tanpa menghakimi atau terus-menerus terganggu. Orang itu mungkin seorang teman, anggota keluarga, anggota pendeta, atau terapis profesional.

 

Berolahragalah secara teratur. Aktivitas fisik mengurangi stres dan melepaskan endorfin, bahan kimia kuat di otak yang memberi energi pada semangat  dan membuat Anda merasa baik. Apakah Anda berolahraga sendiri, dengan teman, atau dengan orang yang Anda cintai dengan skizofrenia, targetkan aktivitas 30 menit hampir setiap hari, atau jika lebih mudah, tiga sesi 10 menit.

 

Makan makanan yang sehat. Apa yang Anda makan berdampak langsung pada perasaan Anda. Minimalkan gula dan karbohidrat olahan, makanan yang dengan cepat menyebabkan penurunan mood dan energi. Tingkatkan asupan asam lemak Omega-3 Anda dari ikan berlemak, minyak ikan, kenari, dan biji rami untuk membantu meningkatkan fokus, energi, dan pandangan Anda. Kiat diet yang sama juga dapat membantu mengelola gejala orang yang Anda cintai.

 

Praktek penerimaan. Alih-alih memikirkan ketidakadilan diagnosis orang yang Anda cintai, terimalah perasaan Anda, bahkan yang negatif. Ini dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan Anda untuk mengelola stres dan menyeimbangkan suasana hati Anda.

 

Carilah kegembiraan. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang tidaklah memanjakan, itu perlu. Jadwalkan waktu dalam hari Anda untuk hal-hal yang Anda sukai, apakah itu menghabiskan waktu di alam, mengunjungi teman, atau membaca buku yang bagus. Dorong orang yang Anda cintai dengan skizofrenia untuk melakukan hal yang sama.

 

Jaga kesehatan Anda. Mengabaikan kesehatan Anda hanya akan menambah stres dalam hidup Anda. Tidur yang cukup dan pantau kondisi medis apa pun.

 

Gunakan teknik relaksasi. Teknik seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau relaksasi otot progresif dapat mengerem stres dan mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh Anda.

 

7.    Memantau tanda-tanda kekambuhan

Menghentikan pengobatan adalah penyebab kekambuhan yang paling sering pada skizofrenia, jadi sangat penting bagi anggota keluarga Anda untuk terus meminum semua obat sesuai petunjuk. Meskipun kekambuhan dapat terjadi bahkan jika seseorang meminum obat sesuai resep, Anda mungkin dapat mencegah krisis yang parah dengan mengenali tanda-tanda peringatan dan mengambil langkah segera.

 

Tanda peringatan umum pada pasien skizofrenia yang mengalami kekambuhan adalah :

·         Insomnia

·         Penarikan sosial

·         Penurunan kebersihan pribadi

·         Meningkatnya paranoia

·         Menunjukkan permusuhan

·         Perkataan yang membingungkan atau tidak masuk akal

·         Perilaku aneh

·         Halusinasi

 

Jika Anda melihat tanda-tanda peringatan kekambuhan atau indikasi lain bahwa gejala skizofrenia anggota keluarga Anda semakin memburuk, segera hubungi dokter.

 

8.    Tawarkan dukungan dengan tujuan kecil

Skizofrenia tidak hanya membuat Anda sulit berkonsentrasi dan tetap fokus di tempat kerja atau sekolah. Itu juga dapat memengaruhi motivasi dan kemampuan untuk menangani tugas sehari-hari, termasuk:

·         pekerjaan rumah tangga

·         perawatan diri

·         interaksi dengan orang yang dicintai

 

Mendorong mereka untuk melakukan perubahan yang belum siap mereka lakukan, seperti kembali bekerja penuh waktu, umumnya tidak akan membantu.

 

Alih-alih, dorong mereka untuk mencapai tujuan kecil, terutama hal-hal yang dapat Anda lakukan bersama. Anda dapat mencoba hal berikut:

 

membantu mereka tetap aktif secara fisik dengan berjalan kaki bersama di akhir pekan

mendorong mereka untuk makan makanan biasa dengan menyiapkan makan malam bersama

brainstorming rutinitas malam hari yang membantu mereka tidur lebih mudah

membantu mereka membuat daftar hobi santai untuk dicoba, seperti yoga, lukisan cat air, atau berkebun

mendorong keterampilan koping yang sehat, seperti mendengarkan musik atau berlatih meditasi kesadaran

 

Banyak orang kesulitan mengakses dukungan komunitas dengan mencari pekerjaan atau tempat tinggal. Dengan izin mereka, Anda juga dapat menawarkan dukungan dengan bertindak sebagai advokat mereka dan melakukan panggilan telepon atas nama mereka.

 

Jika Anda tidak dapat menawarkan dukungan tersebut, Anda dapat menawarkan untuk menghubungi orang lain yang mereka percayai.

 

Hal-hal yang harus dihindari

Ada banyak cara untuk menunjukkan dukungan bagi penderita skizofrenia, tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari.

 

Menantang atau menyangkal halusinasi dan delusi

Banyak orang berpikir yang terbaik adalah melawan halusinasi atau delusi dengan lembut dengan mengatakan sesuatu seperti, "Itu tidak nyata, atau saya akan melihatnya juga."

 

Namun gejala-gejala ini sangat nyata bagi mereka, dan menyangkal realitas mereka seringkali hanya membuat mereka menjauh.

 

Mereka mungkin memutuskan bahwa mereka tidak dapat memercayai atau memercayai Anda karena Anda tidak memercayai mereka. Kurangnya kepercayaan dapat membuat lebih sulit untuk mendukung mereka dan mendorong mereka untuk mendapatkan bantuan untuk gejalanya.

 

Menawarkan dukungan tidak berarti berpura-pura percaya pada halusinasi atau delusi. Anda cukup mengatakan:

 

“Pasti sangat menjengkelkan mendengar suara-suara itu.”

"Kedengarannya sangat membingungkan dan menegangkan."

 

Melakukan segalanya untuk mereka

Ketika orang yang Anda cintai tidak dapat melakukan tugas, tugas, atau tugas sehari-hari, Anda dapat mencoba membantu dengan mengambil alih tanggung jawab tersebut.

 

Tetapi seringkali lebih membantu untuk mendorong mereka mengambil langkah-langkah untuk melakukan hal-hal ini sendiri dan menawarkan dukungan bila diperlukan.

 

Anda juga dapat menanyakan apakah ada hal khusus yang menghalangi tugas:

 

Jika mereka belum mencuci pakaian karena kehabisan sabun cuci dan merasa takut keluar rumah, Anda bisa menawarkan untuk berbelanja bahan makanan.

Jika mereka tidak dapat menyiapkan makanan karena ada suara yang mengancam mereka setiap kali mereka mengambil pisau, Anda dapat membantu mereka memotong sayuran untuk beberapa hari sebelumnya.

Anda juga dapat menawarkan untuk membantu mereka merencanakan dan menjadwalkan tanggung jawab mingguan saat Anda menghabiskan waktu bersama.

 

Menyalahkan atau menghakimi

Orang yang Anda cintai tidak dapat menahan diri untuk menderita skizofrenia, dan mereka tidak dapat mengontrol gejala yang dialaminya. Bahkan dengan pengobatan dan terapi, halusinasi, delusi, dan gejala lainnya mungkin tidak akan pernah hilang sepenuhnya.

 

Menawarkan kasih sayang dan rasa hormat adalah cara terbaik untuk mendukung mereka dan menjaga hubungan Anda, bahkan ketika perilaku mereka membingungkan atau membuat Anda frustrasi.

 

Jika Anda merasa kewalahan atau kehabisan tenaga, tidak apa-apa untuk membantu mereka menghubungi orang pendukung atau profesional lainnya.

 

Kapan harus campur tangan

Jika orang yang Anda kasihi berbicara tentang bunuh diri atau sekarat atau memiliki gejala psikosis yang serius, bantu mereka mendapatkan perawatan segera.

 

Tanda-tanda episode psikosis yang parah mungkin termasuk:

tidak mengenali lingkungan mereka atau orang yang dicintai

tidak mengetahui siapa mereka

mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal

berbicara tentang menyakiti diri sendiri atau orang lain

terlibat dalam perilaku yang menempatkan mereka dalam bahaya, seperti mencoba mengemudi atau pergi keluar saat bingung

Periksa rencana krisis mereka untuk nomor kontak darurat dan pendekatan perawatan pilihan mereka. Tetap bersama mereka, jika memungkinkan, atau hubungi orang pendukung lain untuk menemani mereka.

Jika Anda tidak dapat menemukan rencana krisis mereka dan mereka tampak sangat tertekan, mungkin inilah saatnya untuk menelepon 119 atau rumah sakit jiwa terdekat. Jelaskan bahwa orang yang Anda cintai menderita skizofrenia dan Anda yakin dia mengalami episode psikosis.

Sementara itu:

Beri mereka ruang.

Hindari menyentuh mereka tanpa bertanya terlebih dahulu.

Bicaralah dengan suara yang tenang.

Pertahankan agar semua petunjuk tetap sederhana, jelas, dan mudah diikuti.

Ceritakan tindakan Anda, seperti, "Saya akan menelepon sekarang" dan "Bolehkah saya duduk di sebelah Anda?"

 

Kesimpulan

Skizofrenia adalah kondisi kesehatan mental yang mungkin tidak akan pernah hilang sepenuhnya.

Perawatan dan dukungan profesional dapat sangat membantu orang yang Anda cintai untuk meredakan gejala dan membangun keterampilan mengatasi gejala tersebut.

 

Namun, jangan lupa bahwa dukungan penuh kasih Anda juga dapat membuat perbedaan besar dengan memotivasi mereka untuk mencari bantuan untuk gejala dan mengikuti rencana pengobatan mereka.

 

 

Referensi

Raypole Crystal. (2021) https://www.healthline.com/health/schizophrenia/how-to-help-someone-with-schizophrenia#takeaway

Chris Iliades, MD (2019) https://www.everydayhealth.com/hs/schizophrenia-caregiver-guide/coping-with-schizophrenia-as-a-family-pictures/

Melinda Smith, M.A., Lawrence Robinson, and Jeanne Segal, Ph.D. https://www.helpguide.org/articles/mental-disorders/helping-someone-with-schizophrenia.htm

Schizophrenia Spectrum and Other Psychotic Disorders. (2013). In Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders. American Psychiatric Association. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425787.x02_Schizophrenia_Spectrum

Pilling, S., P. Bebbington, E. Kuipers, P. Garety, J. Geddes, G. Orbach, and C. Morgan. “Psychological Treatments in Schizophrenia: I. Meta-Analysis of Family Intervention and Cognitive Behaviour Therapy.” Psychological Medicine 32, no. 5 (July 2002): 763–82. https://doi.org/10.1017/s0033291702005895

Lloyd, Joanne, Helen Lloyd, Ray Fitzpatrick, and Michele Peters. “Treatment Outcomes in Schizophrenia: Qualitative Study of the Views of Family Carers.” BMC Psychiatry 17, no. 1 (July 21, 2017): 266. https://doi.org/10.1186/s12888-017-1418-8

Ganguly, Pronab, Abdrabo Soliman, and Ahmed A. Moustafa. “Holistic Management of Schizophrenia Symptoms Using Pharmacological and Non-Pharmacological Treatment.” Frontiers in Public Health 6 (2018): 166. https://doi.org/10.3389/fpubh.2018.00166

Knight, Edward L. “Self-Help and Serious Mental Illness.” Medscape General Medicine 8, no. 1 (March 15, 2006): 68. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1681955/

“Self-Management: The Experiences and Views of Self-Management of People with a Diagnosis of Schizophrenia – Social Care Online.” Accessed November 2, 2021. https://www.scie-socialcareonline.org.uk/self-management-the-experiences-and-views-of-self-management-of-people-with-a-diagnosis-of-schizophrenia/r/a11G00000017tP5IAI

Stępnicki, Piotr, Magda Kondej, and Agnieszka A. Kaczor. “Current Concepts and Treatments of Schizophrenia.” Molecules: A Journal of Synthetic Chemistry and Natural Product Chemistry 23, no. 8 (August 20, 2018): 2087. https://doi.org/10.3390/molecules23082087

Patel, Krishna R., Jessica Cherian, Kunj Gohil, and Dylan Atkinson. “Schizophrenia: Overview and Treatment Options.” Pharmacy and Therapeutics 39, no. 9 (September 2014): 638–45. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4159061/

Biagianti, Bruno, Sophia H. Quraishi, and Danielle A. Schlosser. “Potential Benefits of Incorporating Peer-to-Peer Interactions Into Digital Interventions for Psychotic Disorders: A Systematic Review.” Psychiatric Services 69, no. 4 (April 1, 2018): 377–88. https://doi.org/10.1176/appi.ps.201700283

 

October 8, 2023

Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

Jl. Raya Singkawang Bengkayang KM 15 Singkawang
089502468580
rsjiwa@kalbarprov.go.id