Tugas Dan Fungsi PPID

Tugas Dan Fungsi PPID Pembantu Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat

 

  1. Atasan PPID Pembantu:
      1. Membahas dan memberikan pertimbangan atas berbagai persoalan yang terkait dengan pelaksanaan layanan informasipublic;
      2. Membahas dan memberikan pertimbangan atas jenis informasi yang dikecualikan;
      3. Membahas dan memberikan pertimbangan atas keberatan dan penyelesaian sangketa informasi.
  1. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu :
      1. membantu PPID Utama melaksanakan tanggungjawab, tugas dan kewenangannya;
      2. menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID Utama dilakukan paling sedikit 6 (enam) bulan sekali atau sesuaikebutuhan;
      3. melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas pokok danfungsinya;
      4. menjamin ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat,tepat, berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayananprima;
      5. mengumpulkan, mengolah dan mengompilasi bahan dan data lingkup komponen di lingkungan Kementrian Dalam Negeri/Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah masing-masing menjadi bahan informasi publik;dan
      6. menyampaikan laporan pelaksanaan kebijakan teknis dan pelayanan informasi dan dokumentasi kepada PPID Utama secara berkala dan sesuai kebutuhan.
  1. Bidang    Pendukung    Sekretariat    Pelayanan    Layanan    Informasi    dan Dokumentasi
      1. Tugas Bidang Pendukung Sekretariat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi yaitu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi, pendokumentasian informasi, dan pelayanan informasi dari unit kerja dilingkungan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.
      2. Fungsi Bidang Pendukung Sekretariat Pelayanan Layanan Informasi dan Dokumentasi:
        • Pelaksanaan    koordinasi    penyusunan    program    pengelolaan informasi dandokumentasi;
        • Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas bidang-bidang; dan
        • Pelaksanaan    koordinasi    dan    konsolidasi    dalam    rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi.
  1. Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi
      1. Tugas Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi yaitu mengolah dan memberi pelayanan konsultasi klasifikasi dan dokumentasi.
      2. Fungsi Bidang Pengolahan Data dan Klasifikasi Informasi:
        • Inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi;dan
        • Pelaksanaan konsultasi klasifikasi informasipublik.
  1. Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi
      1. Tugas Bidang Pendukung Sekretariat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi yaitu menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada publik.
      2. Fungsi Bidang Pendukung Sekretariat Pelayanan Layanan Informasi dan Dokumentasi:
        • Penyimpanan dan pemeliharaan dokumentasi dan informasi publik; dan
        • Penyediaan informasi dan dokumentasi dalam rangka pelayanan informasi publik.
  1. Bidang Fasilitasi Sengketa Informasi
      1. Tugas Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi yaitu melaksanakan advokasi penyelesaian sengketa informasi publik.
      2. Fungsi Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi:
        • Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penanganan penyelesaian sengketa informasi;dan
        • Pelaksanaan verifikasi, laporan, dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa informasi.