Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat 10 Oktober 2022

0
104

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat, 10 Oktober 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes., bersama rombongan berkunjung ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kalimantan Barat di Kota Singkawang dalam rangka mengikuti serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia Tahun 2022, Senin (10/10/2022).

Kedatangan Kadinkes Kalbar disambut hangat oleh Direktur RSJ Prov Kalbar beserta jajaran staf lainnya, yang kemudian langsung menuju lapangan untuk memulai upacara Bersama sebagai bentuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Dalam upacara tersebut, Kadinkes Kalbar menyapa seluruh jajaran dan staf RSJ dan menyapa pasien dirawat yang turut serta dalam pelaksanaan upacara.

Dengan momen HKJS ini saya menghimbau masyarakat untuk tidak mendiskriminasi dan membuat stigma terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) atau yang mempunyai masalah mental.

Mereka mempunyai hak untuk mengakses perawatan kesehatan jiwa atau mental yang dibutuhkan agar dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

“Mari kita peduli dan membantu ODGJ atau Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) disekitar kita untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan jiwa”

“Dan mari kita melakukan upaya pencegahan dengan cara berperilaku hidup sehat CERDIK. Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rutin berolahraga, Diet sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stress”

“Jika seseorang memiliki jiwa atau mental yang sehat maka akan memiliki hubungan yang positif dengan orang lain”

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes.

Selepas upacara, Hary Agung bersama rombongan dan jajaran RSJ kemudian berkeliling meninjau progress pembangunan dan pengembangan fasilitas yang ada di RSJ.

Menuju ke dalam ruang pertemuan, Kadis Kesehatan Kalbar memberikan arahan serta dialog bersama yang kemudian diikuti dengan pemotongan tumpeng.

Kegiatan diakhiri dengan persembahan peragaan keterampilan tari yang diselenggarakan oleh karyawan dan pasien RSJ yang sudah terlatih. (sur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here