Podcast Bincai (Bincang-Bincang Santai) Bersama PKRS Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat di Era Pandemi Covid-19

0
99

Pada hari Senin, 31 Mei 2021 Pukul 09.00 WIB, Kegiatan Rutin PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), bertempat di Ruang PKRS Rumah Sakit  Jiwa Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh Utin Titin Agustinah, SKM selaku Petugas Promosi Kesehatan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat, dengan Materi Promosi  tentang “Program PKRS di Era Pandemi Covid-19”.

Utin Titin Agustinah, SKM
Utin Titin Agustinah, SKM

Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit ini direkam dan dipublikasi di website RSJ Provinsi Kalbar dan media sosial lainnya seperti youtube, facebook dan instagram, sehingga dapat didengarkan sepanjang waktu berupa podcast. Seperti diketahui, Podcast merupakan sebuah rekaman audio di mana rekaman tersebut dapat didengarkan oleh banyak orang, dalam program ini ada bermacam kategori yang membahas sejumlah topik menarik, di mana kategori yang dipilih oleh Tim PKRS Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat  berupa edukasi dan informasi kesehatan tentang jenis-jenis pelayanan yang ada di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

Podcast di Ruang PKRS Rumah Sakit Jiwa Prov. Kalbar

Selanjutnya adalah Naskah dari Promosi PODCAST BINCANG-BINCANG SANTAI Bersama PKRS Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat :

“ Assalaamualikum Wr. Wb….

Hello, Selamat pagi, siang, sore dan malam…untuk Sahabat-ku di mana pun anda berada.

Perkenalkan saya Utin Titin Agustinah, petugas PKRS di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan informasi tentang salah satu program PKRS yaitu PODCAST Bincang-bincang Santai Bersama PKRS Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

Namun sebelum saya menginformasikan tentang PODCAST, saya ingin sahabat-ku tahu apa itu PKRS.

PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) berdasarkan Kepmenkes No. 1114/Menkes/SK/VII/2005 adalah upaya Rumah Sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien, klien, dan kelompok-kelompok masyarakat, agar pasien dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan, mencegah masalah-masalah kesehatan dan mengembangkan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat, melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama mereka, sesuai sosial budaya mereka, serta didukung kebijakan public yang berwawasan kesehatan.

Tujuan dari PKRS ini adalah agar individu, kelompok dan masyarakat di lingkungan Rumah Sakit tahu akan hidup sehat, mau dan mampu mempraktekkannya, serta mau dan mampu berpartisipasi dalam upaya kesehatan yang ada.

Sahabatku di manapun anda berada, itu tadi sekilas tentang pengertian dan tujuan dari PKRS.

Kaitannya dengan program PODCAST ini, tentunya sangat penting sekali untuk kami buat, apalagi di tengah era pandemi covid-19 sekarang ini, pasien atau keluarga pasien susah untuk masuk atau berhubungan langsung ke Rumah Sakit. Sebelumnya kami melakukan penyuluhan atau promosi dengan pasien / keluarga pasien melalui tatap muka atau berkelompok. Namun sekarang tidak memungkinkan lagi untuk melakukannya.

Dengan dibentuknya program PODCAST ini tentunya sangat membantu kami dan Tim-tim kesehatan yang ada di Rumah Sakit kami yaitu Profesional Pemberi Asuhan (PPA) dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Dan dimungkinkan dengan adanya program PODCAST ini masyarakat lebih melihat media sosial untuk mencari informasi-informasi penting terutama informasi tentang kesehatan.

Tujuan dari program PODCAST ini adalah :

  1. Memberikan informasi dan edukasi tentang kesehatan pada umumnya dan kesehatan jiwa pada khususnya kepada seluruh masyarakat melalui media sosial.
  2. Mengembangkan program promosi kesehatan Rumah Sakit di Instalasi Keswamas.
  3. Memperkenalkan atau menginformasikan kepada masyarakat tentang jenis-jenis pelayanan yang ada di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

Sahabatku di manapun anda berada, jangan lupa untuk terus menonton program PODCAST ini yang nantinya kami akan menampilkan beberapa narasumber dari berbagai profesi sesuai kompetensinya. Program PODCAST ini akan kami upload di berbagai media sosial seperti : youtube, instagram, facebook dan website Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat setiap seminggu sekali di mulai bulan Juni 2021. Sebelum saya akhiri tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Tim PKRS dan seluruh pihak yang mendukung program ini. Semoga program ini sangat bermanfaat untuk kita semua.

Teruslah berkarya dari PKRS Rumah Sakit Jiwa Provinsi Kalimantan Barat.

“ Salam Sehat Jiwa”.

Ditulis oleh : Utin Titin Agustinah, SKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here