Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2020

0
20

Setiap tahun tanggal 10 Oktober, dunia memperingati Hari Kesehatan Jiwa. Tujuannya adalah untuk menghormati hak-hak Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa antara penduduk rentan, memperluas pelayanan yang memadai dam mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan, serta meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal.


Setiap tahun, tema yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan hal apa yang menjadi prioritas pada tahun tersebut. Tahun ini Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa (WPMH) menetapkan tema Mental Health for All, Greater Invesment-Greater Acces. Everyone Everywhere dengan Sub Tema “Sehat Jiwa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Menuju SDM Unggul, Indonesia Maju”


Peringatan HKJS merupakan momentum kampanye masif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah Kesehatan Jiwa diseluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Jiwa. Kementerian Kesehatan memiliki peran penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan jiwa, melalui rangkaian acara peringatan HKJS diharapkan bisa memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat terhadap berbagai regulasi dan perkembangan terkini dalam upaya peningkatan Kesehatan Jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here